Mengajarkan Anak – Anak Untuk
Menyelesaikan Konflik
1. Manajemen Konflik
Peran guru dalam menyelesaikan masalah
dalam kelas (SD):
a.
Pelukan Hangat -> Datangi dan berikan pelukan
untuk meredam emosional
b.
Kenapa? -> Mencari tahu masalah
c.
Reinforcement (Penguatan Respon) -> Memberi nasihat
Peran guru dalam menyelesaikan masalah
dalam kelas (SMP-SMK):
a. Panggil -> Memanggil kedua siswa yang
bermasalah, ketika diluar jam pelajaran
b. Kenapa? -> Mencari tahu masalah
c. Reinforcement
(Penguatan Respon) -> Memberi
nasihat dan berikan social modelling
2.
Kurikulum Konflik
Kurikulum Konflik-> Mengatur / menyelesaikan masalah agar tidak besar
Terdapat beberapa sistem :
a.
Sistem Demokratis VS Otoriter
Menanyakan apa
masalahnya dan memberikan ketegasan
b. Sistem Diskusi Membuat diskusi dengan murid tersebut untuk mencari pokok masalah
c. Memberikan Reward dan Vonismen
"Pendidikan
karakter yang baik bukan dari guru tetapi dari Orang tua terlebih Ayah, karena peran Ayah lebih besar
dari pada peran Ibu dalam memberikan pendidikan karakter anak.", Shean Marta Efastri, M.Pd. (Dosen FKIP Universitas Lancang Kuning)
"Berikan batasan antara murid dengan guru, jangan terlalu dekat dengan murid tetapi letakkan pada tempatnya." Shean Marta Efastri, M.Pd. (Dosen FKIP Universitas Lancang Kuning)
0 komentar:
Posting Komentar