Sabtu, 14 Mei 2016

Mengajarkan Anak-Anak Untuk Menyelesaikan Konflik



Mengajarkan Anak – Anak Untuk Menyelesaikan Konflik 
1. Manajemen Konflik
Peran guru dalam menyelesaikan masalah dalam kelas (SD):

a.    Pelukan Hangat -> Datangi dan berikan pelukan untuk meredam emosional

b.     Kenapa? -> Mencari tahu masalah

c.     Reinforcement (Penguatan Respon) -> Memberi nasihat

Peran guru dalam menyelesaikan masalah dalam kelas (SMP-SMK):

a.   Panggil -> Memanggil kedua siswa yang bermasalah, ketika diluar jam pelajaran

b.   Kenapa? -> Mencari tahu masalah

c.   Reinforcement (Penguatan Respon) -> Memberi nasihat dan berikan social modelling

     2.  Kurikulum Konflik

Kurikulum Konflik-> Mengatur / menyelesaikan masalah agar tidak besar
Terdapat beberapa sistem :

a.    Sistem Demokratis VS Otoriter

Menanyakan apa masalahnya dan memberikan ketegasan
        b.   Sistem Diskusi 
          Membuat diskusi dengan murid tersebut untuk mencari pokok masalah
       c. Memberikan Reward dan Vonismen


"Pendidikan karakter yang baik bukan dari guru tetapi dari Orang tua terlebih Ayah, karena peran Ayah lebih besar dari pada peran Ibu dalam memberikan pendidikan karakter anak.", Shean Marta Efastri, M.Pd. (Dosen FKIP Universitas Lancang Kuning)

"Berikan batasan antara murid dengan guru, jangan terlalu dekat dengan murid tetapi letakkan pada tempatnya."  Shean Marta Efastri, M.Pd. (Dosen FKIP Universitas Lancang Kuning)

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com tipscantiknya.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com